Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588

Sejarah Singkat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dalam era yang semakin kompetitif dan global, pesatnya perubahan budaya yang disertai dengan berkembangnya Ipteks dimasyarakat, mendorong Universitas Panji Sakti (Unipas) Singaraja untuk mengantisipasi dan menyikapinya secara tepat dan cermat. Karena itulah, perlu adanya upaya perbaikan, peningkatan dan pengembangan pola proses akademis. Antisipasi pada penyusunan kurikulum yang wajar, dialogis dan dinamis, sistem rekrutmen yang rasional, demokratis dan kompetitif, membangun akademik atmosfir yang sehat dan kondusif, memantapkan daya tahan dalam kurun waktu lama baik dalam menarik calon mahasiswa berkualitas maupun meningkatkan kemampuan swadana dalam menunjang proses pendidikan, menjadi sesuatu yang harus disegerakan. Oleh karena itu, keberadaan Lembaga Penelitiandan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unipas Singaraja menjadi sangat penting dan strategis dalam mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi.

LPPM Unipas Singaraja merupakan unsur pelaksana akademis yang menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumberdaya yang diperlukan dalam melakukan transfer hasil pendidikan dan penelitian kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Perlu ditegaskan lagi bahwa fungsi utama LPPM adalah mengkoordinasikan, memantau dan mengevaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh seluruh dosen dan mahasiswa. Untuk mewujudkan tugas dan fungsi tersebut LPPM memberdayakan secara optimal, serta mengorganisasikan sumberdaya yang tersedia.

Gambaran Umum

Pelaksanaan pendidikan perguruan tinggi didaerah merupakan salah satu sub sistem Pendidikan Nasional yang meliputi tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Tri dharma perguruan tinggi ini diwujudkan dalam bentuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta untuk meningkatkan harkat, martabat dan memperkuat jati diri serta kepribadian masyarakat dalam pendekatan kearifan lokal, nasional dan global. Pelaksanaan pendidikan juga memperhatikan keseimbangan berbagai aspek dalam satu kesatuan wilayah pembangunan ekonomi, hukum, sosial, budaya, politik, pemerintahan dan lingkungan hidup untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan, dengan diikuti oleh penyelenggara pemerintahan yang akuntabel (Good Governance).

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unipas adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi Unipas di bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

LPPM Unipas merupakan sebuah unit lembaga dengan tugas pokok melaksanakan kegiatan berhubungan dengan penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan pendidikan, dalam usaha mewujudkan visi dan misi Unipas Singaraja dan aspirasi serta cita–cita masyarakat dalam mencapai masa depan yang lebih baik.

Tugas Pokok dan Fungsi LPPM Unipas

Ketua

  1. Bertanggung jawab penuh kepada Rektor mengenai pengelolaan dan pengembangan LPPM sesuai kebijakan pusat dan Senat Akademik;
  2. Menjalankan Program Kerja LPPM sesuai pedoman DP2M DIKTI, Pedoman SPMI Unipas dan RENSTRA Unipas;
  3. Menyusun, merencanakan, mengembangkan dan mengendalikan fasilitas dan seluruh sumber daya LPPM sesuai pedoman SPMI;
  4. Menyusun program kerja bidang penelitian dan pengembangan IPTEKS sejalan dengan RENSTRA Unipas;
  5. Menyseleksi, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan LPPM yang akan, sedang, dan telah dilaksanakan LPPM;
  6. Mengkoordinasikan kegiatan LPPM pada seluruh pusat-pusat, jurusan dan fakultas serta unit lain yang relevan;
  7. Memimpin rapat-rapat rutin dengan para kepala pusat dan para kasubag;
  8. Mengembangkan manajemen LPPM;
  9. Mempublikasikan dan melakukan sosialisasi kepada sivitas academica tentang program LPPM

Sekretaris

  1. Membantu mewakili Ketua LPPM bila ketua berhalangan menjalankan tugasnya;
  2. Membantu Ketua dalam menjalankan Program Kerja LPPM;
  3. Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan di LPPM;
  4. Melakukan evaluasi dan pengendalian kegiatan LPPM;
  5. Menyusun laporan tahunan kegiatan dan keuangan LPPM;
  6. Menata dan mengkoordinaskan manajemen teknis administrasi LPPM;
  7. Menampung semua surat-surat masuk dan memberi paraf setiap surat keluar yg ditandatangni ketua LPPM;
  8. Mendampingi Ketua LPPM dalam rapat-rapat rutin dengan jajaran para kepala pusat;