Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeBerita UtamaPengabdian Pada MasyarakatKerja Sosial FISIP UNIPAS 2018 Di Desa Poh Bergong Kecamatan Buleleng

Kerja Sosial FISIP UNIPAS 2018 Di Desa Poh Bergong Kecamatan Buleleng

Kerja Sosial FISIP UNIPAS 2018 Di Desa Poh Bergong Kecamatan Buleleng

Pelaksanaan Kerja Sosial Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panji Sakti tahun 2018 dilaksanakan di Desa Poh Bergong Kecamatan Buleleng, pada hari Minggu 1 Juli 2018, yang dipusatkan pada Wantilan Desa Poh Bergong. Menurut Ketua Panitia I Kadek Seni Mayura, kegiatan ini dilakukan setiap tahun, guna melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran; penelitian dan pengabdian Pada Masyarakat. Dalam Pengabdian pada masyarakat kali ini diadakan sejumlah kegiatan, yaitu Kerja Bhakti, Donor Darah, Sosialisasi HIV/AIDs, dan Hiburan.

Acara kerja bhakti dilaksanakan di tiga tempat dengan melibatkan mahasiswa, dosen, dan masyarakat setempat, yaitu 1) pembersihan di areal dusun Poh; 2) pemindahan tanah di Pura Dalem  Dusun Bergong di mana di tempat ini sedang dilaksanakan perluasan areal pura; dan 3) penurunan genteng di SDN 2 Poh Bergong. Kegiatan selanjutnya atas kerjasama Senat dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Buleleng diadakan Donor Darah, yang diikuti dosen, mahasiswa dan masyarakat, dalam kegiatan ini terkumpul 20 kantong darah terdiri dari 4 kantong golongan darah A; 7 kantong golongan darah B; 8 kantong golongan darah 0 dan 1 kantong golongan darah AB. Dalam acara sosialisasi HIV/AIDs dan Narkoba di fasilitasi oleh Bagian Kesra Setda Buleleng, dengan melibatkan narasumber Ketut Sukiarta (YCUI) tentang HIV/AIDs dan Ipda Kuwera Anwar dari Satuan Narkoba Polres Buleleng.

Dalam kegiatan kersos ini Dekan FISIP UNIPAS juga mengukuhkan pengurus Senat Mahasiswa FISIP UNIPAS masa bhakti 2018/2019, yang diketuai oleh I Ketut Witarma. Senat mahasiswa diharapkan dapat mendukung kegiatan tri Dharma Perguruan Tinggi dan dapat mengadakan kegiatan guna memperkuat dan sebagai media kegiatan promosi lembaga perguruan tinggi. Dalam sambutannya perbekel Desa Poh Bergong Nyoman Sukrawan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif, bahwa dengan kehadiran mahasiswa dan kalangan akademisi di tengah-tengah masyarakat dapat menggugah hati masyarakat, untuk dapat lebih mengenal kegiatan mahasiswa dan perguruan tinggi, sehingga nantinya dapat mendorong generasi muda di desa untuk dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui studi di perguruan tinggi.

Malam hiburan diisi oleh Senat Mahasiswa, Sekeha Teruna Teruni Desa Poh Bergong, sekeha Gong STT Poh Bergong, dengan menampilkan Band Akustik, Tari Puspanjali, Tari Rejang Renteng, Tari Kreasi dan di akhiri penampilan kocak Bondres rarekual, dihadiri oleh ribuan penonton yang memadati wantilan.

Kami mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung kegiatan kerja sosial kerjasama antara Senat Mahasiswa fISIP UNIPAS dengan perbekel Desa poh Bergong, dalam kesempatan ini kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada Perbekel Desa Poh Bergong beserta staf, dan masyarakat; UDD PMI Kabupaten Buleleng; Bagian Kesra Setda Buleleng; JFC cabang Singaraja, dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Akhirnya kami menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya apabila dalam penyelenggaraan KERSOS ini terdapat kekurangan dan kekeliruan, yang tentunya tanpa sengaja kami lakukan, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Om Santih Santih Santih Om

Share With: